Saturday, February 6, 2021

Banana Kids, Rekomendasi Tempat Bermain di Malang


Udah lama banget jarang mengulas sesuatu di Blog, padahal ada banyak banget yang bisa di ulas. Karena nggak tau kenapa 2019-2020 kemarin itu masa-masa dimana saya terlalu banyak mikir bahkan untuk sekedar posting sesuatu. Kayak takut sama respon sekitar yang sebenernya cuma asumsi diri sendiri. Hahahaha, yagitu deh, alhamdulillah beberapa hari ini setelah ngobrol sama mas Hanif kayaknya mau coba untuk lebih bebas aja dari belangu ketidak jelasan diri kemarin-kemarin wqwq. Belum lagi, tiap post stories apa gitu sering banget ditanyain ini itu tentang sesuatu tersebut, semisal abis dari mana, atau abis beli sebuah benda, mesti yang nanya ramean. Jadi biar dijawabnya lebih enak mending blognya dihidupin lagi. Diulas secara mendalam disini dan tinggal kasih linknya doang hahahaa.


Nah kali ini mau nyeritain tentang salah satu tempat yang recommended banget buat para ibu yang punya toddler dan butuh ruang untuk anaknya bergerak, bermain dan berexplorasi. Harus banget cobain buat dateng ke Banana Kids! Bangga sih di Malang ada tempat yang seperti ini.


Sebenernya udah pengen ke Banana Kids itu udah dari lamaaaa banget, dulu sering lihat tempat ini seliweran di Instagram temen-temen tapi selalu aja nggak jodoh waktunya. Baru deh beberapa hari kemarin, sodara ipar saya ngajakin buat playdate bareng, karena anak-anak kami yang sepertinya sudah butuh explorasi. Lalu coba ceki-ceki instagram Banana Kids dan merasa bahwa protokol kesehatannya cukup oke, dimana selama masa pandemi seperti ini jumlah pengunjung sangat dibatasi, jadi deal deh kita fix-kan rencana buat main bareng ini. Langkah berikutnya, sebaiknya booking dulu sebelum datang biar tau rame atau engga, cara bookingnya bisa di lihat di instagramnya aja deh karena kemarin yang ngebookingin mba firda hahahaha.


Lokasi Banana Kids ini di daerah Lembah Dieng, cukup dekat dengan tempat tinggal kami yang ada di daerah Bandulan, bisa masuk lewat dalam dan keluarnya pas di depan jalan menuju Banana Kids. Awal dateng udah gemes sama tempatnya yang dari luar kelihatan gede banget dan desainnya simple tapi manis. Tiga lantai loh Bun! Udah kebayang kan bakalan puas main di dalamnya. Kafa begitu dateng juga matanya langsung berbinar kayak yang happy banget padahal belum masuk lokasi yah.. Udah excited banget bilang "Bunda terimakasih sudah diajak ke tempat ini! Yuk turun yuk yuk yuk!"


Sebelum masuk tentu harus cuci tangan dulu dengan sabun karena kondisi seperti ini, kemudian di cek suhu tubuh. Setelahnya ditanyain apakah sudah reservasi atau belum dan ditanyain mau langsung masuk apa nunggu-nungguan dulu. Awalnya kita memutuskan buat nunggu FFF Family sembari lihat-lihat ke sekeliling, tapi ternyata Kafa sudah tidak sabar, jadi yaudah kita masuk duluan. Bayarnya 50rb per anak dan dapet gelang seperti pada umumnya, tapi bedanya biasanya cuma anak aja yang dikasih ini pendampingnya sekalian. Jadi dari awal udah ditanyain yang nemenin bakal ibunya atau bapaknya. Kelar dipasang gelang, anaknya langsung ngabur masuk ke arena.



 Ada Pilihan Area Outdoor dan Indoor 

Jadi disini permainannya nggak semuanya indoor, melainkan juga ada area outdoornya juga! Jadi anak bisa explore banyak lokasi. Kalo yang di Indoor lebih ke mainan-mainan yang seperti pretend play shop, pretend play dokter, lintasan mobil, mandi bola (yang saat pandemi di tiadakan), balok, magnetic tile, makeup kit, dkk. Mainan lain kayak prewalking toys, prosotan kecil, dan mainan lain yang biasanya di rentalkan gitu.. semoga ada bayangan yah!


Kafa cukup betah di area Indoor karena emang anaknya suka banget sama mainan yang butuh konsentrasi gitu. Dia bertahan lama di balok-balokan meski juga udah punya dirumah. Main prtend play belanja juga suka. Apalagi yang lintasan mobil, diulang-ulang dengan excited kalo itu mah.



Untuk area outdoornya sendiri ada kayak set permainan dengan ukuran cukup besar mulai prosotan, tangga tali, board panjat tebing, jembatan goyang sampe prosotan puter yang bisa melatih ketangkasan dan keseimbangan anak (btw monmaap kalo nyebut nama-namanya semua semau saya soalnya emang nggak tau istilahnya hahaha). Terus juga area outdoor ini emang di setting ada kayak jalannya gitu buat mainan mobil-mobilan, sepeda dan skuter buat jadi lintasannya. Dimana skat lintasannya itu ya ada area bermain itu sama ada area lain yang isinya tadi itu kegiatan memancing ikan dengan magnet, trampolin, dan mainan pasir. Katanya sih tiap waktu mainan disini tuh di rotasi gitu, jadi bisa jadi dateng sekarang dan beberapa minggu lagi mainannya beda.


Untuk area outdoor cukup menarik sih selama ngga hujan. Tadi kita dateng kesana jam 1an dan kebetulan agak mendung dan kadang grimis. Jadi kita duluin main di outdoornya takut keburu hujan. Cuacahnya tadi juga pas banget nggak panas yang terik.


 Nggak Cuma Satu Lantai, Tapi Juga Ada Lantai Dua dan Tiga 

Awalnya saya kira ya meski bangunannya tiga lantai tapi area bermainnya cuma di lantai satu aja, tapi ternyata engga dong bun! Lantai dua dan tiga juga bisa diakes. Meski.... pas pandemi gini area lantai tiga ditiadakan dimana disana tuh tempatnya futsal dan basket anak. Yaudah gapapa, kita cobain lantai duanya aja yah!


Untuk akses ke atasnya bisa pilih naik tangga atau juga disediakan lift, canggih juga kan.. Mini sih, tapi paling engga kan ga capek naiknya hehe. Diatas mainannya juga nggak jauh beda sama area indoor yang bawah. Lebih ke permainan anak gitu sih bukan yang wahana gede-gede. Tapi cukup detail.


Di lantai dua tadi yang paling menarik perhatian kafa adalah lintasan mobil yang gede banget, ada helipadnya segala. Nah untuk segala yang lintasan-lintasan ini emang kafa suka banget sih. Terus disana juga ada pretend play super market yang lebih lengkap, jualan buah, aneka bumbu dapur, susu, dan lain-lain. Seru banget, jadi pengen bikin juga dirumah (wacana dari entah kapan yang nggak ndang budal padahal usia kehamilan bertambah, ntar anak dua makin banyak alesan deh).


Ada juga area baca buku, dan dapet inspirasi baru dimana semua buku disana di sampul serta pinggirnya setiap halaman yang bukan board (kertas) diberi solasi bening biar lebih awet ketika buka-buka buku. Wah bisa nih diberlakukan ke buku-buku kafa, yang meski kafa anaknya hati-hati banget tapi kan buku tersebut investasi wuffyland yang siapa tauuuuu suatu hari juga punya perpustakaan dan playspace macam ini he he he, mari diaminkan dulu ya buibuu~


Ada area nuersery dan toilet juga di lantai dua ini. Serta tetep ada kursi dan meja buat yang nungguin. Ohya di lantai dua ini ada beberapa ruangan tertutup juga, waktu ditanyain ke mbaknya katanya itu kalo lagi ada kelas-kelas. Jadi di Banana ini katanya juga ada kelas-kelas kecil non formal gitu.

 Ada Kakak Pendamping yang Ramah 

Kafa tuh termasuk yang selalu nempel ke Bundanya kalo kemana-mana. Padahal dia sering diajakin kemana-mana tapi buat bergaul sama temen sepantran mesti delaynya agak lama. Bangun trust ke orang baru cukup perlu waktu sih bagi dia, tapi sekalinya udah percaya.... yaaa nempel banget dan sok ikbrib hehehe.

Tadi ini kejadian disini, awalnya kakak-kakaknya mau nemenin main di tolakin sama dia, tapi begitu Bundanya yang hamil 6 bulan mulai lelah nemenin muter-muter dan memilih buat melipir duduk diluar, dia jadi nempel banget sama kakaknya, bahkan narik-narik segala ngajakin main ini itu. Sampe nggak mau diajakin pulang.

Wah bisa banget nih kunjungan berikutnya saya dateng sambil bawa leptop biar dia main aja sama kakak-kakak Banana Kids dimana saya bisa curi-curi kerja hehehe. Lihat dia bisa enjoy kayak tadi tuh bikin terharu juga, merasa anak saya udah gede. Kayaknya udah bisa sekolah deh abis ini, kalo ngelihat dia sekalinya percaya jadi suka banget kayak tadi. Lihatin dari jauh dia nyusun balok atau prosotan bareng kakak-kakak pendamping membuat saya sama mas Hanif mellow sendiri yang ngelihat dari kejuahan (apazih bun lebaay)


Menurut saya, ini salah satu kelebihan Banana Kids dibanding area main yang lain. Karena kakak-kakak pendampingnya tuh care banget, beda deh sama lainnya. Biasanya bahkan penjaga areanya juga kayak yang random people aja bukan yang tertarik sama anak, jadi feelnya kurang gitu loh.


 Fasilitas Penunjang yang Cukup Lengkap dan Detail 

Cukup terkejut karena kamar mandinya sangat kids friendly banget! Bukan cuma karena mural yang ada di dindingnya aja yah! Tapi juga toiletnya ada yang ukuran gede dan mini, jadi anak bisa puppy langsung disana. Begitupula wastafel + cerminnya juga di setting dua ukuran anak dan orang dewasa.


Fasilitas lainnya seperti musholla dengan tempat wudhu yang memadai juga tersedia, jadi nggak bingung sholatnya bakal dimana kalo mau nemenin anak main berjam-jam.

Lainnya kayak ruang tunggu yang nyaman, ada majalah yang bisa dibaca, area parkir yang cukup luas dan.... lift untuk pindah lantai juga bisa jadi nilai plus.

 Kalo Lapar Ada Kantin Juga 

Meski nggak nyobain karena di awal terlalu fokus nemenin Kafa dan explore tempat ini. Pas Kafa udah bisa ditinggal sempet kepikiran mau order sesuatu tapi nggak tau tadi gara-gara ngobrol apa ya sampe lupa. Kebetulan juga pulag dari sini agendanya makan jadi tadi nggak makan.

Tapi sangat bisa pesan sesuatu mulai dari burger, nasi goreng, kentang, dan lain-lain. Jadi nggak ada ceritanya kelaparan yah berada di tempat ini.


 Bisa Mengadakan Aneka Event disini 

Kalo dilihat di instagramnya sih gitu, banyak juga yang ngadain ulang tahun disini, acara launching, kelas anak dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mending lihat instagramnya langsung aja deh ya...

Selain kita yang ngadain, sepertinya Banana Kids juga sering punya acara seru kok yang terjadwal, tapi mungkin karena pandemi jadi belum bisa terlaksana. Tapi bisa lah buat refrensi jika pengen ikutin anaknya ke aneka kelas buat sosialisasi dan nambah pengalaman berkreasi.



Mungkin kurang lebih itu sih review dari tempat ini menurut pendapat dan pengalaman kami. Tadi sih seru banget, buktinya Kafa nggak mau pulang bahkan sampe ngumpet ke bawah meja! Haduuuu~ Baru mau beranjak ketika saya sama mas Hanif udah ambil ancang-ancang ke pintu keluar, langsung ngacir ngejar kita deh.

Di perjalanan pulang juga anaknya excited banget nyeritain apa-apa yang dia rasain dan lakuin selama di tempat main tadi. Jadi beneran happy gitu deh anaknya. Semoga bisa kesana lagi yah!

Ohya ini ada review youtube juga karena Kafa lagi suka banget lihat videonya di TV hahaha, karena TV kami nggak ada antena dan nggak ada smart TVnya, jadi buat nonton antara videonya harus di taruh USB atau lewat youtube tapi via TV yang di connectkan dengan leptop hehe.


 Info Lokasi 


Banana Kids Club
Alamat : Jl. Lembah Dieng No.5, Sumberjo, Pisang Candi, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65151
Operasional : Jumat, Sabtu Minggu (Jam 10.00-17.30)
Telepon: (0341) 5085997

Post a Comment