Thursday, June 25, 2020

Trip Singkat Tetapi Hangat


Setelah sekian lama nggak pernah kemana-mana karena pandemi, beberapa hari yang lalu secara mendadak dan tiba-tiba, saya, mas Hanif, dan kafa pergi keluar kota untuk pertamakalinya, yaitu ke Lumajang. Rencananya beneran secepat itu. Malam hari kalo nggak salah mas hanif bilang kalo mau jemput ibuff, mba firdha (atau  FYI adiknya mas hanif) dan Fathiyah ke Lumajang besok pagi. Tentu saja saya bakal nggak tenang kalo mas Hanif berangkat sendiri keluar kota, karena kan kasian gitu ya kalo ngga ada partner ngobrol dan lihat peta. Saya menawarkan diri buat ikut juga bersama kafa, dan mas hanif tentu dengan senang hati meng-iyakan.

Besok paginya, kita nyelip-nyelipin beresin deadline secepat mungkin biar bisa berangkat pagi. Kebetulan itu hari jumat sih jadi sebenernya harapan awal sholat jumat tuh udah di separuh perjalanan. Tetapi, yah.... kadang rencana kan nggak sesuai dengan realita yang ada. Meski udah plan begini begitu dan mau gerak cepat sepagi mungkin, kita beneran baru beres sarapan, mandiin kafa, ngerjain deadline kerjaan itu sekitar jam 9an. Dan.... akhirnya baru beneran berangkat tuh jam 10/11an gitu deh.. Jeng-jeng perjalanan siang hari.

Ternyata jalannya super lengang banget, nggak macet sama sekali. Karena Kafa udah kita bangunin sedari subuh, dan dia udah excited banget sedari awal (read : banyak tingkah), jadi baru keluar kota malang dan awal masuk kabupaten dia udah ketiduran. Kita akhirnya berhenti buat sholat jumat di masjid daerah mau turen (tapi belum masuk turen sih sebenernya). Selama mas hanif sholat jumat, saya sama kafa di mobil, dia tidur dipangkuan saya sementara kusambi baca buku-buku digital di HP sambil nyemilin lumpia super enak dari ibu mertua yang super jago masak segala hal.

Kelar sholat, kita lanjut jalan lagi. Ohya, ngomong-ngomong sebenernya ada beberapa opsi buat pergi ke Lumajang dari Malang, kalo mau cepet dan ringkes sih sebenernya enak lewat Tol sih. Tapi karena udah lamaaaaa banget kita nggak quality time yang bertiga dalam durasi lama (yagimana semua plan trip kita terbatalkan di bulan-bulan kemarin), jadi kita memilih buat lewat daerah Turen yang tentu lebih jauh dengan jalan berkelok tapi bakal banyak lewat hutan dan pemandangannya cakep.

Setelah turen jalanan udah lebih padet dari sebelumnya dan kendaraannya di dominasi sama truk, kebanyakan sih truk pasir. Dimana jalannya juga sempit dan berkelok, jadi yaudah kita nggak bisa cepet-cepet karena ngikutin ritme kendaraan didepan. Untungnya kita emang nggak ada target waktu sih, jadi emang mau santai-santai mumpung tiba-tiba punya jadwal family time. Beneran yang selooo gitu hari itu, bisa ngobrol beragam hal sama mas Hanif dimana akhir-akhir ini kita berdua saling sibuk masing-masing sama kerjaannya sendiri-sendiri. Saya yang udah makin riweuh ngurusin wuffyland dan mas hanif dengan beragam project lainnya. Jadi saya tuh kalo udah excited suka lupa waktu dan nggak present gitu loh, kerja berjam-jam budaaall, dan pikirannya suka kemana-mana. Karena ya happy aja gitu, kadang sampe merasa abai, dan takut sendiri mas hanif merasa terabaikan, meski katanya enggak, tapi tetep kudu diagendakan moment not work just family time cem ini.

Kafa juga tidur cukup lama, jadi kita kayak orang pacaran lagi gitu deh. Baru pas kafa bangun dia super duper aktif ngoceh dan nanya segala hal "Bunda itu truk apa?" "Bunda kok ngga ada truk batu?" (kebetulan dia punya kereta yang angkut batu jadi bayangannya truk juga ada yg angkut batu), "Bunda itu apa?" "Kenapa?" "Siapa?" "Dimana?" itu kayak diapakai semua sama dia, beneran banyak banget pertanyaan dengan 5W1H yang seperti tiada henti dari bocah 2 tahun 3 bulan itu. MasyaAllah, anak bayinya dah gede, dah bisa ngoceh dan mulai kritis.


Selama perjalanan juga, kita nggak nyalain musik karena lebih pengen ke ngobrol bareng aja, terus sempet juga baca surat favorit kita juga ar-rahman bareng-bareng, sesuatu sederhana yang bikin hati adem dan persaannya jadi hangat.

Kurang lebih sekitar jam 3-an sudah mulai kelaperan karena belum makan siang, eh kok kebetulan banget ada sebuah tempat yang cukup menarik karena dia letaknya diantara belokan jalan, ada tanah lebihan lalu dibangun warung kecil dengan pemandangan yang super duper indah, ijo-ijo menenangkan. Langsung aja berhenti buat makan. Kayaknya ini pertamakali dine in bareng kafa deh setelah berbulan-bulan berlalu. Dengan pertimbangan warungnya tuh kecil, dan sepi, terus banyak jendela gede yang bikin sirkulasi udara bergerak dengan lancar. Kita memilih buat makan bakso aja karena cari yang hangat, btw sempat hujan juga sih jadi kabut dan dingin.

Kemarin abis bikin stories banyak yang nanya warungnya dimana, nah itu saya juga kurang faham, tapi namanya warung penantian :") ibunya yang jual berkerudung dan ramah
Awal dateng nyempetin buat foto dulu disamping warungnya sambil memanjakan mata dengan sesuatu yang segaaarrrr
Kafa posisinya menikmati banget nih, gemeees deh. Beneran calming banget emang tempatnya, dari pemandangan hingga hawanya tuh enaqq.
Ini pemandangan dari jendelanya, cakep yah.. Selain kami ada pengunjung lain dua orang dengan satu motor, dan pas kami datang mereka udah mau balik. Hmmm ada semerbak harum pop mie yang menggoda, kalo ngga sama kafa gitu udah pesen pop mie kayaknya, tapi demi anak tidak makan yang tyda-tydak, saya harus menahan diri. Hmmmm godaaan orang tua :")
Ini lagi nunjukin monyet yang lagi lompat-lompat, itu dia ke pohon yang itu! Eh udah lompat lagi pindah! Waaah lompat-lompat terus! Kafa terkejut wajahnya tegang takut monyetnya nyamperin minta bakso. Dia seneeng itu sih kemarin karena meski sederhana, bisa ketemu monyet segala,

Kafa juga seseneng itu melihat hamparan hutan dibawah, hijau-hijau yang segar. Ohya makan disini kudu segera karena cepet banget dinginnya.

Kita nggak lama-lama karena perjalanan menurut goole maps masih sekitar 1 jam-an lagi, jadi setelah selesai makan kita langsung balik, eh tapi mampir foto sekejap dulu sih di belakang mobil dengan background jalanan menuju Lumajang ini. Lihat tuh, jalannya berkabut tebel.

Selfie sebelum masuk mobil, dengan baju kafa yang keangkat :")

Setelah batrai terisi (alias udah beres makan), tenaga kafa makin full charged, ngomongnya makin intens durasinya, kadang juga nyanyi segala lagu mulai dari yang liriknya asli sampe yang dimodif sesuka dia. Lumayan buat radio kita selam dijalan. Ternyata waktu prediksi google bener, kita baru sampe di rumah Mas Fatieh sekitar jam 4.30an. Lamaaa banget perjalannya padahal kalo lewat tol bisa cepet. Yagimana, tim suka cari yang ribet, tapi kan happy ehehe.

Begitu sampe, kita langsung sholat, mandiin kafa, ngobrol tipis-tipis dan mas hanif kemudian istirhat karena kita bakal langsung balik Malang lagi, jadi biar kuat nyetir baliknya, mas hanif bubu dulu sejenak.

Sekita abis isya kita balik deh ke Malang, beneran secepat itu kunjungannya. Tapi kalo tadi cuma bertiga, perjalanan pulang lebih ramai karena ada Fathiyah dan Ibuff, Kalo pulang, tentu kami memilih lewat tol, karena sudah malam dan biar beda aja gitu jalurnya. Ngga kebayang kalo lewat jalur berangkat bakalan segelap apa. Pasti ngeri banget sih, waktu sore tadi aja ngga kelihatan jalannya kalo pas kabutnya keluar, apalagi malam kan? Jadi memang opsi terbaik via tol yang ternyata sepiiii bangeeeeeettttt jadi perjalanan pulang mungkin durasi waktunya lebih cepat 3 kali lipat dibanding pas berangkat. Ditengah jalan, Kafa dan Fathiyah tidur, jadi kita akhirnya ngobrol bertigaan bahas hal random hingga rencana-rencana yang pengen diwujudkan di nolic.id

Yang jelas hari itu seru sih bagi saya, meski rasanya cuma di mobil aja seharian, tapi karena intimate jadi rasanya hangat. Ohya lupa, biasanya setiap pergi kamana aja saya juga sambil riweuh sama kerjaan lah, main hp lah, apa lah. Nah kemarin tuh pengen nyobain non aktifkan paket data HP, tapi sebelumnya udah ngasih note ke mama dan ke tim wuffyland dimana kalo ada hal urgent, bisa hubungi via hp mas hanif. Dan, resultnya emang jadi lebih fokus ke moment yang ada, beneran jadi ada interaksi dan ngga sibuk sendiri.

Ternyata, setelah nggak bisa kemana-mana dalam jangka waktu lama, hal sesederhana keluar super kilat kayak gini aja udah bikin happy. Alhamdulillah.. Makanya this moment deserve a blog post, karena rasanya yang sederhana namun hangat dan bikin senang. Semua foto diambil pakai HP aja, karena nggak bawa kamera.

With Love,

Wuffyland Family

Post a Comment