Monday, April 10, 2017

#Istanbul 09 : Eminönü dan Haliç


Ini kedua kalinya saya bakalan nulis tentang hari terakhir di Istanbul, sebelumnya sudah kelar semua dari awal sampai akhir dan sudah di koreksi ketika kemudian ada eror mendadak dan hilang gitu aja, cling! Padahal biasanya paling nggak ke save kan yah di draft dikit-dikit, ini cuma separagraf aja. Dari sebelumnya tulisannya bisa di scroll scroll. Karena patah hati, akhirnya di delete sekalian biar ga kepikiran haha. Memulai lembaran baru saja. Kata Aa Gym, pasti ada hikmah hehe.

Jadi sebenernya ini masih ada sangkut paut sama rentetan #Istanbul series yang sempet dipost beruntun kapan waktu. Kebetulan iseng cek hardisk dan nemulah sama folder yang isinya kumpulan moment yang saya sendiri hampir lupa. "Loh ini yang kapan ya? ohya astaga...." langsung deh waktu itu eksekusi buat di post (...terus kemudian hilang dan moodnya baru datang lagi sekarang). Karena sayang kalo keburu bener-bener lupa nulis di blog, kapan hari waktu pengen baca jadi ga asik. Kan lebih enak scrolling blog dari pada next-next di album foto hehe

Hari terakhir di Istanbul diwarnai dengan mager dipagi hari karena malemnya kita pulang larut dari VW Arena setelah seharian penuh mengikuti rangakian acara puncak Startup Istanbul. Yang menurut plan awal di hari terakhir sambil nunggu jadwal keberangkatan pesawat kita mau jalan dulu, berakhir ga pengen kemana-mana.

Saya juga mungkin bakalan tinggal di kamar aja kalo nggak di bujuk rayu oleh Mbak Saki dan Mbak Putri yang ngajakin ke daerah Eminönü buat nyari oleh-oleh di Spice Bazar. Itung-itung nemenin mereka karena hari sebelumnya saya sudah kesana. Plus, saya di janjiin pulangnya naik metronya di stasiun Haliç yang pemandangannya masyaAllah itu. Kan sebenernya biar lebih deket bisa juga naik subway dari depannya Spice Bazar.

Funicular yang pagi hari masih sepiii banget

Kita berangat pagi-pagi karena kudu udah cus ke Bandara sore hari. Dea sama Mbak Girly nggak ikutan karena mereka mau packing dan bobo cantik aja, abisnya kondisi apartmennya juga super nyaman berasa enak buat berdiam. Selama peralanan juga lancar jaya karena saya udah afal rutenya, jadi nggak bingung nanya-nanya. Tinggal naik funicular dan oper subway ajah.
Sampe Spice Bazar karena kepagian juga masih sepi gitu deh, jadi sambil nunggu tokonya pada buka, kita ngasih makan burung sama foto-foto gitu ahaha turis banget yah.

Turis banget deh ngasih makan burung sama foto-foto didepan Spice Bazar

Spice Bazar sendiri terkenal punya harga yang lumayan 'bersahabat', tapi kalo kalian punya waktu lebih, coba jelajah daerah belakang-belakang yang biasanya lebih murah banget harga-harganya. Kebetulan mas haqi hari sebelumnya sempet explore kebelakang-belakang jadi dapet banyak info. Masuk ke spice bazar, kita langsung disambut sama mamang-mamang good looking yang memanfaatkan ketampanannya buat ngombalin cewek yang mau belanja. Trik mereka biasanya adalah sok dekat, ngasih-ngasih teh segala biar kita sungkan kalo nggak ngebeli. Banyak dari mereka yang mikir kita bertiga orang malaysia loh. Bahkan ada yang mikir saya orang korea! OMG! Yang lucu begitu tau kita orang Indonesia, mereka langsung teriak-terika " Mura mura, ini buat mertua, ayo ayo" udah gitu aja diulang-ulang. Kalo kita pura-pura bilang dari malaysia, langsung serentak ganti bahasa. Hm... hebat juga yaaa...

Ini nih wajah mamang-mamang yang hobi sekali gombal gombal. Kalo saya sih bodo amat, tapi Mbak Saki dan Mbak Putri kadang iseng nimpaling haha

Kita nggak lama-lama di Spice Bazar mengingat terbatasnya waktu dan apa yang mau dibeli juga udah di list, jadi nggak ngelambyar pengen ini pengen itu. Saya sih disitu cuma nemenin aja karena udah belanja kemarinnya. Tapi selama muterin pasar puas banget nyobain Turkish Delight, karena para mamang itu memaksa nyobain tester mulu.

Kelar dari Spice Bazar, gantian saya yang happy karena dianterin ke stasiun Haliç yang bikin harus jalan lumayan jauh tapi dengan pemandangan mempesona gitu deh hehe. Enaknya kalo dari stasiun Haliç nanti kita cuma perlu naik metro aja, cukup bayar sekali jadinya. Kalo brangkat tadi kan naik dua kali. Moga-moga bisa kesini sama mas Hanif dalam waktu lama, saya sih semangat 45 kalopun suruh jalan kaki kemana-mana.

Perjalanan yang penuh hiburan karena jalannya cantik

Begitu sampai di stasiun Haliç saya nggak bisa berhenti buat memuji asma Allah, karena pemandangannya beneran bikin jatuh cinta. Meski kemarin saya udah ikutan bosphorus tour yang sebenernya pemandangannya 11 12 sama ini, tapi ini rasanya beda aja sih. Tetep jatuh cinta lagi. Jadi stasiun ini nyebrang diatas air gitu.. Kalo biasanya metro itu di bawah tanah dan dalam gedung, ini outdor tapi tetep ada eskalator dan lift, karena kalo tangga lumayan juga tingginya.

Mbak Putri nih lagi mau jalan ke tempat duduk hihi

Diatas, mbak putri langsung duduk di tempat area tunggu kereta, sementara mbak saki nemenin saya naik ke paling atas buat nikmatin pemandangan sekaligus foto-foto tentunya. Wuhuuuu, diawal saya nggak langsung foto-foto tapi bener-bener mau nikmatin pemandangannya. Karena kalo kita muter-muter 360 derajat itu bakalan dapat pemandangan yang beda-beda satu sama lain. Mulai galata tower yang menarik mata, galata bridge, kawanan bebek lagi berenang, perahu yang lewat, deretan bangunan yang khas, mesjid, area industri, dan lain-lain.

Wajah wajah menikmata ya begini ini wqwqwq sambil nikmatin sinar matahari, ndeeel endel
Eh keasikan sampe ketiduran di foto deh~

Lumayan lama juga sih diatas situ, orang yang bisa tinggal disini dan menikmati ini setiap hari harus bersyukur, karena ini indaaaah banget! Tapi entah juga ya kalo udah jadi kebiasan biasanya rasa nikmatnya dikurangi hehe. Udah puas, kita langsung balik ke Taksim karena harus final packing dan segera otw ke Bandara.


Istanbul, hmmm kota itu bikin saya jatuh cinta lagi dan lagi setiap saya iseng buka folder foto-fotonya. Btw ini saya nulis sambil nyetel playlist istanbul instrumen hahaha, berasa lagi disana beneran. Baper deh.

Semoga yang kepengen kesini, dapat kewujud keinginannya. Saya juga pengen banget balik bawa suami (...dan mungkin anak) nantinya, amiiin....


Have a good day

24 comments

  1. Woooww.. fotonya bagus-bagus banget! Bikin jadi pengen main ke Istanbul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa main kesana ya mbaaak hehe. Iya bagus berasa ga pengen pulang kalo udah disana hehe :D

      Delete
  2. aku jg cinta ama istannbul... sayang bgt dulu pas ke sana cuma 1 hari, krn ini di luar planning.. kebetulan sedang ada di Bulgaria, dan mertua ngjakin ke sana... toh visanya jg on arrival... dan dari bulgaria , istanbul ga jau.. cuma 10 jam naik bus... sukaaa bgt ama kotanya... cowo2 di sana memang keren2 tp suka gombal ga jelas yaa ;p... dan aku heran kenapa kbnyakan kita slalu dikira dr malaysia,,, kayaknya turis malaysia banyak banget di sana :D

    tapi dr semuanya, aku paling suka istanbul krn bnyk kucing lucuuuuu ^o^.. gendut2 pulaaa.. rasanya pgn bawa 1 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi loveable kayaknya yah emang, susasaya itu loh... Wah cuma sehari aja mbak? Sayang banget, kesana lagi deh! :D

      Dulu sebenernya juga pengen ke Bulgaria dkk lanjut-lanjut gitu, tapi dari semua rombongan yang extend cuma yang mau ke cappadocia aja, itupun laki-laki seorang. Yaudah deh, balik indo aja wqwq

      Iya bener bangeeeet! Kucingnya menggoda dengan buntut tebal itu <3

      Delete
  3. huwaa Turki salah satu dream destination akuu nih, belum kesampean pergi ke sana sampe hari ini :((
    Beneran banyak kucing liar yang gemesin yah? AKuu juga mauu dong dapet Turkish delight testerr, masmasnya juga kan *uhuk* ganteng-ganteng pastikk :P


    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbak semoga bisa kesana dalam waktu yang lama biar puas explore-explorenya. Akupun rasanya kepengen kembali gitu, masih belum puas hehe.

      Kalo pengen gitu mah, agendakan setiap pagi muterin pasar-pasar, dijamin dapat teh, turkish delight, coklat, dkk dkk dkk plus bonus mamang-mamang wqwq

      Delete
  4. istanbul cakeppp bangettt...rapi hehehe pasarnya aja fotogenik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pasarnya fotogenik termasuk semua warganya hehehe, bahkan kucingnya :D

      Delete
  5. aaaa bagus banget Istanbul, foto - fotonya juga ciamik. Jadi pingin ke Istanbul....

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/day-one-japan.html

    ReplyDelete
  6. LOveliest photos. Ahhh, bagus banget juga yah Istanbul >< Sure will follow this blog! aku suka banget follow travel blog kayak gini.

    ReplyDelete
  7. Nice pictures of Istanbul <3

    Dee
    thejackieofalltrades.com

    ReplyDelete
  8. y Alloh mupeng amat pengen kesini moga kesampean xixixi aamiin
    bagus2 y mba

    ReplyDelete
  9. masyaAllah indah banget mbak, ini sudah masuk ke wishlist saya, someday mau ke Turki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya indah banget emang disana, saya aja kepengen balik lagi hehe, yuk sama-sama minta ke Allah :))

      Delete
  10. Jadi ingin ke Turki juga nih ,...
    destinasinya patut untuk dikunjungi, heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget destinasi yang pautu buat dikunjungi waktu disana, mending kalo pas punya waktu lama hehehe

      Delete
  11. daerah wisatanya memang cantik selalu bersolek..karena nadi ekonomi istanbul...tapi kalau hidup sehari2 dgn macet2nya dgn segala kompleksitas kota besar yang rentan stress...belum biaya hidup juga lumayan tertinggi di turki, ketika duduk dipinggrian bhosporus menikmati sekali hidup, tapi ketika balik badan pulang ke rumah..kejebak macet dsb..dan teriak2an penuh emosi orang2nya ..hahha welcome to the real istanbul:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe wah dikomen yang berpengalaman sehari-hari di turki hehehe. Tapi beneran mbak emang kayaknya hetic banget disana. Ngerasa sih 7 hari disana kebetulan nginep di AirBnB di daerah taksim yang bener-bener ngebaur sama warga gitu.

      Pas macet suara bel dimana-mana, bahkan sempet lihat pencopetan pas didepan mata gitu huhu

      Delete
  12. Pengen ke Istanbul, tapi kapan yaaa
    Buat explore butuh berapa hari Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera kesana hehehe, kalo waktunya lebih lama lebih baik sih hehehe.
      Saya sendiri kesana dalam rangka ada seminar, jadi baru bisa keluar-keluar waktu ada free time aja, itupun udah lumayan lah. Karena udah di list jadi begitu waktu kosong langsung ngacir hihi :D

      Delete