Friday, July 12, 2013

idbyte day 4: exhibition day and awarding night

Hari keempat dari idbyte di mulai dari bangun sangat awal setelah tidur sangat larut. Banyak hal yang mendadak harus disiapkan dan diurus sampe hampir begadang sepanjang malam. Rundown hari keempat adalah exhibition day dan awarding night, saya sebenarnya dari awal semangat banget dengan hari itu. Tapi ternyata di hari yang sama setelah lolos paper selection dari indigo, saya harus pitching sekitar satu jam di hotel century yang bahkan materinya baru saya siapin sepanjang malam. Hari itu tim rumah belajar sibuk parah, si Ipad pagi-pagi sudah harus ke pasific place untuk mengurus semua keperluan booth, sedangkan saya dan ilham pitching. Entahlah, lucu aja mengerjakan semua hal sambil multi tasking, latihan presentasi sambil ngegunting stiker, ngekoding presentasi sambil sekalian melajarin alurnya, yah pokoknya ada feelnya tersendiri lah pagi hari itu, pagi sibuk banget. Dan tada jam 8an presentasi kami baru kelar di buat (lebih detail dari prsentasi yang pas idbyte karena ini harus ngehitung monitizing dengan detail, tapi apa daya cuma di kerjain beberapa jam jadi ya kurang sempurna. Nggak papa lah buat belajar, pengalamannya aja deh) padahal kita dapet jam presentsi jam 9. Itu gila belum mandi segala macam hhaha, terus latihannya kapan coba? :p

Setelah pitching yang ternyata menegangkan (awalnya mikir bakalan sante ternyata jurinya keren keren badai, kalo nanya sampe detaaail banget. But the happy things is they apreciate us, our team and our product), dengan lari-lari saya sama ilham buru-buru ke pasific place gara-gara mas kacang udah nelfon mulu " HEY KALIAN CEPETAN INI ADA METROTV PENGEN WAWANCARA SAMA FOUNDER, BURUAN DATENG" dan sebagainya. Sampai-sampai jarak pasific place ke century yang biasanya kita jalan kaki, berganti dengan naik taksi haha itu endel sih tapi kondisi sih.

Disana setelah jalan degan kecepatan ekstra (udah berasa orang sibuk luar negri aja yang kalo jalan nggak pernah nyantai) finally kita sampe ke lantai 4, ballrom ritz carlton. Dan bertemulah kita dengan booth rumah belajar lengkap dengan dua tim tambahan (nggak kayak hari-hari sebelumnya yang cuma bertiga aja). Kita ketambahan mas kacang (CCO rumah belajar) sama si Yuyud (temen kita di telkom yang sekarang udah kerja di telkom akses jakarta)

 welcome busy day, be nice to me!
Hello ilham farobi, ini view dari depan kamar. kita dapet hotel selama dua hari loh dari indigo, ya ampun baiknya. Jadi yang awalnya tinggal numpang-numpang ngerepotin orang mulu kita bisa dapet tempat tinggal tanpa harus ngerisuh hidup orang, fasilitas juga lumayan (banget) kalo di bandingin sama kesedihan beberapa hari ini.
 welcome to idbyte!
 kita punya banyaaak banget seleberan dan stiker yang di bagi-bagi pas acara, stikernya masih ada loh. ada yang mau? hehe
Yang dateng ke booth kita banyak banget, mulai dari investor, penikmat tekhnologi, enterpreneur, media dan lain-lain. Bule-bule juga banyak banget yang dateng loh, dan rasanya kalo pas yang nanya-nanya bule itu antara seneng (karena mereka selalu ngasih feedback nggak cuma muji-muji aja) tapi ya deg-degan banget.

Dan yang lucu itu kita sering banget udah ngobrol asik sama orang eh ternyata pas tukeran kartu nama dia orang terkenal kita jadi salah tingkah sendiri hahahaha lucu. "Loh jadi ini bapak xxx? Yampun yang kemarin abis di liput sama yyyy itu ya? Saya baca loh pak ya ampun kita ketemu" (<-- itu ghea edisi heboh). Kayak yang satu ini, kita lagi ngobrol sama orang dari "Tech in Asia"
Hellooo! cco-ceo-cto-coo. Serius di acara ini saya sering merenung sendiri tentang masalah label "CEO" di kartu nama saya, rasanya masih terlalu hijau untuk itu. Rasanya masih banyak yang masih saya belum tau. Rasanya masih banyak yang harus saya pelajari. Semakin banyak saya membaca dan bertemu orang besar, semakin saya merasa banyak kurangnya heheh
Ini temen kita si yuyud, hari ini dia jadi marketing rumah belajar dan he doing so good. Si yuyud juga doyan banget jalan-jalan ke belakang ambil makan, karena makanan di ritz cartlon bener-bener juara. Mulai dari dessert, makanan utama, minuman, cemilan semuanya juara. Salmon dll juga enak banget disini, dan you can eat whenever you want (thats the point that make cun and ipad get so excited everytime)
Ngegaul dulu di depan banner idbyte! Hahaha lucu ya mereka kembaran abu-abu ya ampun, ini ga sengaja loh. Harusnya saya juga ya hmmm, next time deh :p
Dan tibalah kita ke masa "Awarding Night" masa penentuan siapa juara dari idbyte 2013. Saya nggak berharap menang kalo buat startup awardnya (idbyte). Bisa sampe ke final aja manurut kami udah big award banget, bisa ketemu banyak orang keren, bisa ikutan pelatihan dari Amazone web sevices, bisa main ke kantor bubu, bisa latihan pitching, dapet booth keren. Itu udah sesuatu yang berharga banget lah kalo buat rumah belajar. Tapi ternyata.... kita dapet penghargaan, bukan dari idbyte tapi dari bubu award (karena saya emang ikutan dua hehe). Penghargaan itu adalah.... " art, culture and education award" subhanallah yaa! :D

ceritanya pas masuk ke awarding night suasananya jadi kece mewah gimana gitu (dari awal sih gitu) tapi malem itu lebih, banyak orang berpenampilan keren diundang hadir ke awarding night itu, mereka dinner dulu terus kemudian masuk ke dalem ruangan. Disana settingan tempatnya juga bagus banget, ohya ada christian sugiono loh di tempat deket saya duduk muehehe. Tapi ini jakarta, hal-hal gitu mah biasah banget (oke, stay cool). Nah saya kebetulan baru balik dari kamar mandi ketika kemudian di jalan saya denger nama rumah belajar di sebutin jadi nominasi. Agak deg-degan saya masuk pintu karena pembawa acaranya lagi masa-masa ' Penghargaan art, culture and education award diraih oleh........." RUMAH BELAJAR! woh saya? kaget, lagi di jalan dan kan gelap gitu, tapi ternyata orang-orang sekitar saya pada nyadar kalo itu saya, dan saya bagian dari rumah belajar.

Saya juga denger suara-suara sekitar saya bilang " Yaampun rumah belajar itu juga ikutan idbyte loh. Mereka timnya bertiga kemana-mana dan kayaknya fun banget suka ketawa-ketawa, keren loh dari smk" ada juga yang bilang " Peserta paling muda loh, keren ya udah bikin-bikin gituan. jaman kita mah belum ada" dan banyak celetukan lainnya, saya ngerasa terharuuuu

Maju kedepan sini itu rasanya semi nggak percaya, saya maju jalan kedepan, dilihatin orang. Dengan celetukan-celetukan "gila anak smk" "smk telkom loh mereka" itu rasanya, bangga. Saya bangga bisa jadi bagian dari rumah belajar, saya bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh teamwork yang paling sesuatu buat saya si ipad, chun, mas kacang. Orang tua kita yang selalu support, semua keluarga telkom yang selalu dukung, dan berbagai elemen lainnya. Kita bukan apa-apa tanpa mereka.

Ohya saya di sebelah ibu Mari Elka Pangestu loh, mentri pariwista dan ekonomi kreatif. Pas beliau nyalamin saya, beliau sempet bilang "Wah ini ghea yang anak smk itu ya? Selamat ya, tetap berkarya jangan berhenti sampai disini" Tsaaaah Bu Mari tau aja sih kita anak smk kan jadi malu muehehehe

Ohya post tentang ini bisa dilihat juga di DailySocial dan Indonesia Kreatif silahkan di klik saja ada foto tentang suasana awarding night juga loh di indonesia kreatif.

Ini ekspresi bahagia banget lah, saya gemes setiap lihat foto ini. Hari itu kita ngabisin hari sambil begadang berempat (namanya ga punya tempat tinggal jadi begitulah) besok pagi juga udah harus balik ke malang soalnya pada mau wisuda, jadi kita mindah jam tidur jadi pagi aja di kereta. Malam itu kita ngerencanain tentang gimana rumbel abis ini yang bakalan terpisah semua timnya. Kita kembali menyusun mimpi, komitmen, tekad, dan cita-cita. Kita juga berdoa biar semua yang kita lakukan selalu dibarengi oleh Allah. Amin.

Dan berakhirlah cerita idbyte dari saya, semoga semua post saya bisa membayar lunas semua permintaan di dm, sms, atau massage fb yang pada minta di ceritain seputar idbyte.

gracias!

ghea safferina adany


15 comments

  1. it was great experience mbak. tak terlupakan. maju terus rumah belajar. semoga makin besar dan besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaa alhamdulillah ya dek. aminnn doakan yaa. sukses kelas 3nya hehe :D

      Delete
    2. pasti mbak, hehe iyaa amiin. gak berasa udah kelas 3 aja sekarang :3

      Delete
  2. aaa gheaaaa tambah keceee kamuu <3 . Sukses Rumah Belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah engga masih jauh nih cin heehehe, amin. kamu juga tambah sukses yaa :D

      Delete
  3. keren mbak ghee.. maju terus.. eh itu kenapa ada mas yuyud hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. si yuyud kan baik hati dia jadi marketing loh :3

      Delete
  4. Kak Ghea life journeynya selalu keren. Inspiring. Sukses terus Rumah Belajarnya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe alhamdulillah yaaa :D
      masih belajar nih, sukses jugaa yaa :D

      Delete
    2. hehehe alhamdulillah, amin, masih belajar nih. iya doain juga ya rumah belajarnya hehee. kamu sukses juga ya :)

      Delete
    3. aamin, thanks yaaa :D kamu sukses juga :)

      Delete
  5. Replies
    1. loh salah ketik hahahaha baru sadar pak maaf aaa :p
      pak brian kenal mas mifragah?

      Delete
  6. ini ghea temen gue dari kelas satu sampe kelas sekarang :D

    ReplyDelete