Tuesday, April 11, 2023

Pergi Sendiri Setelah 5 Tahun Jadi Ibu, Gimana Rasanya? Cerita Perjalanan Awal ke Jakarta

Dulu setiap ditanya orang tentang perbedaan setelah menikah dan masih sendiri, saya selalu bilang nggak terlalu ada perbedaan siginifikan antara keduanya. Tapi kalo pertanyannya diganti jadi perbedaan setelah punya anak? Pasti saya akan jawab.... banyak banget bedanya!


Ini udah tahun ke 5 saya jadi ibu. Rasa-rasa yang kadang masih kayak percaya ngga percaya. Hari-hari rasanya penuh dengan hal baru, rasa ketidaktahuan, kebingungan, keresahan, yang nggak bisa serta merta di pause dan harus terus aja jalan karena kita nggak menjalinya sendirian. Tapi sebenernya semua itu sepaket dengan aneka kebahagiaan yang datang dari hal-hal sederhana dari kehidupan sehari-hari dari anak-anak kita yang kadang cukup terekam oleh hati dan mata kita aja.


Meski tau-tau sudah punya dua anak (....haha ini baru sadar belum pernah cerita tenatng Nada yang gimana-gimana disini, but soon will be! Agar ketika anak-anak itu baca blog bundanya tidak ada perasaan kecewa dan merasa iri 🤣) tapi tetep loh, masih sering merasa clue-less dengan parenthood dan motherhood lyfe ini. Bahkan nggak jarang (...alias sering) di moment-moment tertentu pas lagi banyak tuntutan kerja, saya tuh mendadak jadi kayak mudah sedih dan tiba-tiba mempertanyakan sendiri pilihan-pilihan hidup yang saya pilih lalu merutukinya. Seperti, kenapa ya kok saya tuh milih sibuk ngurus kerjaan? Jangan-jangan saya bukan ibu yang baik yang bisa pintar bagi waktu bagi anak saya? Kenapa ya saya maunya semua dikerjain sendiri dan nggak pakek ART? Jangan-jangan ini juga bikin rumah ga beres-beres terus saya stress (while di lain kesempatan saya pernah coba pakai ART tapi malah kehilangan kesenangan beres-beres), dkk dkk dkk... aneka keruweutan pikiran yang saya dan pikiran saya bikin sendiri. Yaa gitu lah yaaa..


Tapi kadang, pas di runtut kebelakang, hari-hari dengan pikiran berat itu terjadi ketika saya kehilangan kendali atas hari saya lalu merasa tak berdaya. Misal nih, kebanyakan scrolling sosmed, berujung tidur kemalaman, bangun agak kesiangan dikit, terus semua jadi keburu-buru, nggak sempat dini hari journaling yang biasanya selalu berhasil menetralkan perasaan, lalu ke-skip juga bikin daily task sehingga hari itu terasa bingung dan semua jadwal berantakan. Kalo udah gitu, alamat.... udah aja seharian bingung, gelisah, merasa kurang ini itu, dan bisa berefek kemana-mana kalo nggak ada penerimaan akan... 'yhaaa sometimes emang hidup begini, yuk per-jam ini kita kembali produktif'... dan kita evaluasi tuh awalnya apa, oh ternyata kmrn kebanyakan main hp, berarti kiat coba kurangi screen time dan lebih fokus meraih target-target harian agar tidak terlena! (ngomongnya mudah, semoga eksekusinya tidak susah eaeaea haha)


Oke kembali ke judul yang ternyata selalu melenceng kejauhan. Jadi, beberapa hari yang lalu saya tiba-tiba harus ke Jakarta untuk sebuah project super duper seru (will be spoile it soon!) dan hari rabu malam saya baru dapat telfon 'bisa ngga kalo jumat ke Jakarta?' bener-bener semendadak itu yang kalo harus berangkat full team romongan sirkus pasti akan effort prepare dan lain-lain, sementara urusan disana juga kayaknya butuh sat-set-wat-wet dan agile. Jadi setelah berdiskusi dengan baba, minta izin, membahas ini itu itu.. diputuskan buat saya berangkat sendirian tapi harus ditemeni orang lain, dan tentu saja langsung ngajak Lintang yang langsung meng-iya-kan ditengah kita juga sebenernya ada event Pasar Santai selama 10 hari kedepan (dimulai dari hari kamis itu).


Rabu malam itu saya langsung cari tiket ke Jakarta, karena dadakan ada beberapa agenda yang belum bisa digeser waktunya, jadi kita pilih kereta terakhir yang mana itu adalah majapahit dengan kursi 90 derajat yang cukup menantang karena kita akan melakukan perjalanan 13 jam, tapi tapi tapi... bukannya dari dulu tiap ke jakarta naik kereta semacam ini? Bahkan zaman dahulu kala malah matarmaja yang 3-2 gitu kursinya, lebih menantang. Jadi kursi ini? oh.. insyaAllah bisa dibuat nyaman selama kita neriman (ea-ea-ea)


Kamis pagi packing dan malamnya sebelum maghrib udah OTW stasiun setelah sebelumnya menitipkan kafa nada ke FF Family yang super duper baik banget menampung keluarga kecilku saat kami pergi, sehingga perpisahan sebelum berangkat ini bisa less drama, anak-anak melepas keberangkatan saya dengan suka cita karena mereka pun happy akan main sama sepupunya.


Awal masuk stasiun jujur perasaan agak mixed feeling, sebagian rasanya haru dan deg-degan karena ninggalin keluarga kecilku pertamakalinya setelah 5 tahun! Terutama Nada sih.. kayaknya 2 tahun ini ga pernah terpisahkan karena dia direct breastfeeding kan... Dan ini kebetulan momentum sekalian nyobain nyapih.


Mirror selfie dulu untuk dikirim ke kafa yang udah request "nanti bunda sering kirim2 foto ke kafa yah!"


Tapi terhibur sama stasiun yang sekarang bagus banget! Fasilitasnya nyaman, musholla bersih, kamar mandi oke, nggak perlu naik turun tangga karena semua bisa dengan eskalator, cihuuy~ Kita sholat dulu begitu awal masuk terus langsung ke arah kereta. Keretanya super ontime dan kita langsung masuk buat buka didalam biar tenang ngga was-was takut ketinggalan kereta.


Selama perjalanan, yang biasanya sambil kejar-kejaran sama anak, entertain mereka agar tidak bosan atau mangku kalo udah pada tidur, kemarin saya bisa buka leptop, ngerjain kerjaan, dan bikin album jurnal mereka. Hal-hal simpel yang bikin saya happy.


Alhamdulilahnya kereta ngga terlalu ramai, kami duduk di kursi 4A dan 4B, nah sepertinya orang yang seharusnya duduk di 3A dan 3B ini dari awal pilih pindah tempat duduk karena emang banyak free seat di tempat lain-lainnya, cuma naruh tas aja diatas kursi kami terus pindah. Jadi kami bisa leluasa gerak, tidur, selonjoran, dkk. Ohya hal kurang nyamannya cuma saya lupa kalo kereta itu dingin, lupa nggak bawa baju proper. Untung ada kaus kaki lumayan mengurangi dingin tapi selebihnya itu dingin banget sih. 


Teman baru, kenapa pilih Boox over Kindle satu-satunya alasan agar bisa install aneka aplikasi lain seperti quran digital, ratib, rawi dkk yang ada appnya di android

Hello again kereta api dengan dudukan lurus~


Ohya, kereta sekarang tuh bersih banget! Ternyata ngga cuma di statsiun kita lihat petugas yang super tanggap beberes, tapi di kereta juga. Beberapa saat sekali ada petugas yang lewat buat ngangkat sampah. Lalu tiap kita ke kamar mandi rasa-rasanya abis dibersihkan karena bahkan sisa air aja terlap gitu loh, dan baunya juga harum. No bau bau club lagi toiletnya.


Sampai di Jakarta

Kereta datang sesuai jadwal. Kami turun di stasiun jatinegara, rencana mau naik gocar buat ke daerah cipete. Tapi ternyata waktu turun kedepan, rame banget banyak taxi, ojek, dan riweuh banget gitu lah pokoknya. Kami sempat jalan cukup jauh buat siapa tau bisa cari gocar agak jauhan, tapi ternyata ngga ada tempat yang terlihat aman dan nyaman buat mencari. Jadi mendadak decide buat balik aja naik opsi kendaraan lain, dan kami pilih naik KRL.


Awal sampe di jatinegara, kmrn ga ada bayangan akan post blog jadi ga banyak moto


Cek maps, nanya-nanya ke petugas, kamipun masuk ke KRL. Eh ternyata awalnya kami sempat salah arah padahal udah masuk kedalam kereta, nunggu lama dan berdiri berdesakan, tapi untung langsung sadar begitu tau stasiun pemberhentian berikutnya itu berlawanan dengan tujuan kita. Langsung turun dan menunggu kereta beriktunya dengan arah yang berlawanan. Ternyata emang keretanya lagi kayak beda jalur dengan petunjuk gitu deh hahaha.


KRL lyfe yang jujur super duper rameeeee padeeeet bahkan pegangan aja rebutan


Kami turun di stasiun sudirman, lalu keluar sebentar buat pindah lagi ke halte MRT Dukuh Atas BNI, nah semua arah ini sebenernya udah ada yah di google maps jadi kita tinggal ngikutin aja. Canggih kok google maps, dan seru gitu udah ada stop-stopnya akan kemana aja, harus jalan seberapa, dkk.


Tampilan google maps dengan point-point mapsnya yang sangat mempermudah, sudah dengan step-step perjalanan

Baru tau kalo perjalanannya melewati lorong bawah tanah yang artsy sekali, katanya sih citayam fashion week itu dilangsungkan disekitaran sini. Alhamdulillah terakhir ke jakarta udah sempat naik MRT, yang meski sekilas tapi udah jadi tau harus kemana dan gimana. Jangan lupa buat beli e-money karena semua disini cashless. Inget banget waktu akhir tahun lalu ke jakarta tuh kita ga bisa beli e-money. Mau beli manual ga bisa, mau beli online (sebenernya ada mesinnya), tapi karena stasiunnya di bawah tanah, signalnya kurang bagus jadi ga bisa payment pakai digital (padahal kami pakai simpati). Terus kalo mau pakai mesin bisa pakai uang tunai tapi harus pecahan 50rb sementara kami pas itu ga punya. Jadi ya.... bhay.



Kalo kartu yang kami pakai sendiri ini beli di stasiun cipete, di mesin pakai emoney dan berhasil karena letak stasiunnya diatas, jadi nggak dibawah tanah. Terus kartunya tuh kartu aja yah, nggak ada saldo. Pas itu kami topup kartunya pakai tokopedia.


Oke itu urusan perkartuan aman, kami tinggal nunggu MRT datang aja dan akan turun beberapa stop ke stasiun cipete. Sebenernya naik MRT terbilang lebih mudah dari KRL karena nggak banyak rute, udah kayak pasti-pasti aja arahnya. Dan ternyata momen bisa jalan jauh yang kayaknya kalo kemarin ketemu temen 'eh wow kalian dari malang langsung naik kendaraan umum2 gitu ngga capek?' justru kami merasa happy sekali karena bisa sekalian jalan. Belajar pemanasan buat main ke luar lagi kayaknya yah..


MRT yang sangat berkebalikan dengan KRL, sepi santuy dingin dan nyaman bangeeeet


Itu sih cerita perjalanan awal ini, kami langsung super duper sibuk hari itu, begitu sampai langsung chaw ke daerah BSD, Bintaro, dan muter2 kesana kemari. Tapi akan di post di next blog post aja insyaAllah kalo luang hahaha. 


Tapi kalo balik ke judul dan ditanya gimana rasanya pertama kali pergi sendiri? Di awal perjalanan ini seperti tadi sempat saya bilang, saya merasa ada yang hilang karena udah kebiasaan satu rombongan sirkus kalo pergi, tapi disisi lain saya kayak menemukan saya di masa muda yang emang bisasa banget pergi kesana kemari sendirian. Kayak ada perasaan hangat dari masa lalu yang menyapa dan membuat rasa ini tetap nyaman dan familiar.


Itu sih kurang lebih perjalanan kami, sampai jumpa di postingan lainnya!


With love,


Ghea Safferina Adany



Mampir ke happy project kami disini :

  • Wuffyland, aneka produk mainan edukasi anak
  • WuffySpace, all in one place for family. Cafe, playground, kids class, curated store.
FREE Printable : 


1 comment

  1. Aku baca ini berasa menemukan kembali Mbak Ghea di waktu muda yang berlarian ke sana ke mari ~XD

    ReplyDelete