Tuesday, December 29, 2020

Lomba Bareng Mama "Kue Lapis Berlapis-Lapis, Nikmatnya Nggak Habis-Habis"

Setelah menikah, jujur jarang banget punya waktu berduaan sama mama yang intimate. Biasanya mama datang kerumah pas banget waktu saya lagi riweuh sendiri. Karena emang selain urusan rumah ada banyak banget urusan lain yang rasanya pada minta buat di prioritaskan. Jadi sejujurnya kadang saya agak merasa bersalah kalo mama kerumah tapi saya nggak bisa nemenin lama-lama meski hanya sekedar ngobrol.


Nah, sekitar setahun lalu saya sempet ikutan lomba super dadakan bareng mama. Monmaap ya lama banget kejadiannya, karena emang beberapa tahun belakangan saya udah mulai meninggalkan kebiasaan nulis di blog, padahal kalo di pikir-pikir lagi, sebenernya blog ini berjasa banyak banget buat jadi ruang waktu digital. Sampe kemudian tahun lalu hardisk saya rusak (ini udah berkali-kali saya mention sih kisah tragis hardisk rusak ini), yang mana semua dokumentasi saya sejak 2010-2019 disana semua. Udah coba di reparasi tapi masih susah banget, terakhir belum bisa balik sih, katanya corrupt parah dan itu 4TB. Sedih yah... Tapi masih bersyukur beberapa dokumen udah ada di blog ini, jadi masih bisa di throwback tipis-tipis pas pengen lihat lagi. Tapi tetep aja kan, banyak juga lainnya yang belum. Jadi merasa beruntung banget udah nyempetin nulis beberapa kejadian di blog ini.


Rencananya pengen menceritakan beragam kejadian yang belum sempat ke post tapi fotonya ada. Sebagai ungkapan rasa syukur juga karena datanya masih selamat, diantara banyak sekali data yang nggak bisa diselamatkan.


Ini mau cerita ikutan lomba kue lapis sama mama beberapa bulan silam. Jadi, sebelumnya mama udah ngasih tau kalo bakalan ikutan lomba bikin kue lapis, karena kebetulan emang suka bikin kue lapis bahkan terima pesanan segala. Tapi ternyata dapat info kalo lombanya itu ngga cuma bikin kue aja, tapi juga harus ada kemasannya yang siap jual. Dan satu tim juga dua orang secara peraturan. Jeng-jeng-jeng. Datanglah mama ngajakin saya buat ikutan lomba nemenin mama. Tentu saja awalnya saya menolak, karena lagi riweuh-riweuhnya di wuffyland kok ya malah diajakin lomba segala yang di mindset saya pasti bikin harus meluangkan waktu. Ohya waktu lomba ini dulu tuh belum punya kantor ya wuffyland-nya, jadi masih dirumah ngantornya. Masih bertiga doang sama lili dan tebi, jadi emang banyak urusan yang masih harus ikutan turun tangan sendiri.

Tapi karena mama mendesak terus (hahahaa) akhirnya saya luluh juga. Yah, kapan lagi kan ya lomba berduaan sama mama? Biasanya tim selalu temen, ini orang tua sendiri. Berkat dorongan dari mas Hanif juga, akhirnya saya deal lomba bareng mama dan itu dadakan banget, kayaknya H-1 hari lomba. Malam itu saya langsung bikin konsep segala macam ditemenin mas hanif, kita bikin custom kardus yang mau kita cetak langsung di digital printing dengan cepat. Mas hanif bantu bikin desain konstruk kardusnya (karena saya paling nggak suka bikin begituan yang harus itung-itung), lalu kita coba print pakai printer rumah lalu langsung di rangkai buat memastikan ukurannya tepat. Setelah revisi beberapa kali kita dapet ukuran kardus yang kita mau, kemudian gantian saya yang ngedesain sesuai layout yang udah dibuat mas hanif.


Desain ini juga kolaborasi sama nabila yang dadakan saya hubungi buat minta dibuatin watercolor kue lapis hahahaha. Anaknya langsung gambar saat itu juga, mantaps kan kolaborasi dadakan super kilat tapi alhamdulillah pada akhirnya jadi juga ini. Kalo nggak kepepet kayaknya nggak bakal deh ndesain2 project random bareng begini.

Jadi tantangannya adalah bikin kue lapis yang unik dan punya nilai jual, kemudian bikin kemasan (kami buat dua macam yang pakai kardus dan toples buat yang go green), perhitungan rencana jual (semacam suruh bikin HPP gitu), dan set up meja displaynya pas lomba juga dinilai. Jadi emang selain ndesain logo dan packaging saya harus siapin desain pendukung lainnya kayak stiker, desain perhitungan hpp, printilan tambahan, dan lain-lain. Seru sih karena semua dikerjain semalam doang. Beneran begadang tuh ngerampungin ini semua. Karena besok pagi-pagi banget harus cetak, kemudian lanjut ngeguntingin semuanya, prepare dan siang abis sholat jumat kita lombanya, mendisplay dan presentasi.


Untungnya ada tim wuffyland yang bisa banget diandalkan di moment-moment dadakan cem ini. Paginya saya udah email semua file cetak ke percetakan langganan, yang bisa nyetak secara kilat, kemudian pengambilannya sekalian diambil sama nabila sembari berangkat kerumah saya. Begitu nabila dateng, saya dan lili langsung segera ngerjain semuanya, ngunting, nempel, nyiapin ini itu, dan lain-lain. Bhay sejenak urusan wuffyland hahaha. Mama sih masih dirumahnya pas ini, prepare kuenya. Mama juga berangkat duluan ke venue buat memastikan segalanya baik-baik saja. Saya, lili dan nabila menyusul. Jadi ceritanya hari itu mereka semua ikutan lomba karena harus jaga kafa. Kebetulan tempatnya di mall (ini jauh banget sebelum covid yah), jadi ketika saya dan mama lomba, mereka bisa main sama kafa ke playground dan njanjan di mall hehehe.


Untuk sebuah project roro jonggrang yang semua dadakan alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar. Peserta lain ternyata bagus-bagus banget loh kue lapisnya, dan banyak juga yang udah biasa ikutan lomba. Jadi emang udah pengalaman gitu mendisplaynya. Kita kayaknya yang paling selo. Ohya baru sadar banyak barang yang miss pas kita udah disana, kayak kita baru tau kalo lomba gini harus nyiapin minum buat jurinya meski sedikit, terus alat makan, tissue, dan lain-lain. Bersyukurnya tempatnya sebelah mall, jadi saya masih bisa sebentar melipir lari nyari aneka kebutuhan sebelum akhirnya balik dan setup lagi. Sempet beli garpu dan telenan di miniso serta air dan tissue di giant, sambil lari-lari takut telat.


Pas presentasi, mama menyerahkan semua ke saya hahaha. Astaga, udah di paksa ikut lomba, ndesain ini semua dadakan, masih suruh presentasi pula. Sengaja yah ma.. Katanya jarang-jarang kan lomba bareng mama.. Yawdalah yaa... Jadi saya jelaskan kalo emang kue lapis yang kami buat itu pakai resep tradisional kue lapis sagu legendaris (karena ada juga yang kue lapisnya berupa roti). Dimana kami coba mix dengan variant kekinian untuk menambah variasi dan citarasa. Misal ada yang rasa taro, coklat, buah naga dan pandan. Kalo rasa dan tekhnis memasak saya nggak banyak jelasin tapi mempersilahkan mama ngomong biar adil hahahaha, lagian siapa juga yang tau cara masaknya, ntar kalo sotoy malah salah semua. Baru pas ngomongin branding, packaging dan strategi penjualan saya ambil alih lagi karena emang saya suka. Jurinya cukup salut sama desain-desainnya yang cukup detail dan rada niat menurut mereka. Hahaha mereka hanya tyda tau bagaimana malam saya sebelumnya yang begadang-gadang ndesain kilat semua ini sambil degdegan takut nggak nutut.


Nah ini beberapa punya peserta lain, cakep banget kaaaan

Alhamdulillahnya, kami dapat juara juga! Hahahahaha. Meski bukan juara utama (karena yang ikut beneran pro-pro ges, ada yang dari sekolah memasak, ada ibu-ibu yang udah legend sebagai pemenang lomba, dkk. Apalah saya dan mama yang baru sekali ini ikut lomba masak dan bahakan nggak tau harus prepare apa aja di meja saat lomba). 


Senengnya sih bukan cuma karena menang aja, tapi karena memaksakan diri buat keluar dari zona shantay-shantayku dan memutuskan buat nyobain ikutan bantu mama. Ngelihat desain yang dibuat kilat beneran bisa ada displaynya juga bikin happy. Kayak, astaga ini tuh rasanya baru kemarin bilang iya ke mama eh hari ini udah berdiri disini buat presentasi dan menyaksikan apa yang diperjuangkan kemarin udah terdisplay. Ternyata kalo dikerjain ya nggak ada yang ngga mungkin.


Paling penting, hari itu akhirnya bisa mommy daughter time lagi setelah sekian lama saya terlalu asyik dengan dunia saya sendiri he he he he. Untuk menutup hari itu, kami makan bebek goreng H Selamet yang jadi salah satu makanan favorit kami. Berame-rame sama semua yang udah jadi tim support dibalik Lapis Eksis.


Jadi, enaknya project ini dilanjutin apa dibiarain hanya sekedar waktu ikut lomba yah? Hihi

Post a Comment