Friday, January 20, 2012

olimpiade IT


halo, akhirnya saya posting lagi hehehe. setelah dapet semangat baru sepulang acara wikufest (wikusama festifal) semacam acara meet up yang di adakan sama alumni telkom angkatan 1-10. saya ketemu banyak banget alumni hebat yang udah sukses hari ini, daaaan di beberapa materi saya menyimpulkan kalo punya blog itu perlu, dan kalo udah punya harus di rawat. karena blog itu manfaatnya banyaaak banget.

karena itu juga, pulang wikufest saya langsung pasang niat "pokoknya sampe rumah posting yang kemaren gak sempet posting". dan yang ada sampe rumah di godain sama kasur tapi saya lebih milih kamu loh setelah  konflik batin sesaat (ih sosuit). jadi saya mau cerita olinpiade IT yang berhasil bikin warna baru di kehidupan sekolah saya hahahaha eciyeh.

pas hari-hari remidi sehabis ujian tiba-tiba temen sekolah saya, ical datengin saya di kelas "ghe, kalo nganggur ke perpus ya, ada yang mau tak omongin" dan karena saya gampang penasaran kalo di ajak bicara semacam itu langsung ke perpus. ternyata, ical ngajakin saya ikutan lomba olimpiade IT. awalnya saya bilang ke ical kalo saya itu gak bisa apa-apa, cupu abis. tapi ical tetep ngajak, hahaha makasih ya ical percaya sama saya. dan hari itu juga kita ajak temen saya satu lagi buat gabung di kelompok kita yang emang ketentuannya satu kelompok tiga orang, namanya idang, dia jago banget design.

Jadi gini nih sistematika lombanya. lomba olimpiade IT ini ada dua katagori. tapi sebelum masuk ke katagorinya kita harus ngumpulin presentasi temanya "Peluang Kerja di Bidang IT". nah kalo presentasi kita lolos seleksi, kita bayar biaya perndaftaran dan masuk ke katagori pertama `penilaian presentasi sama presentasi`, dari katagori pertama itu keluar juaranya. Nah abis presentasi kita masuk katagori kedua yaitu cerdas cermat sama design poster. yang nanti nilai totalnya di gabung sama nilai katagori pertama jadi nilai katagori kedua. jadi satu kelompok bisa jadi menang dua katagori. nyambung? kalo gak ya pokonya begitulah susah juga jelasin sistematikanya.

Nah, pas ical ngajakin saya lomba itu udah hari H-7 kalo gak salah. udah gitu cuma yang 3 hari aja kita masih masuk sekolah dan yang sisanya udah liburan, yang pastinya bakalan susah kalo waktu libur buat kerja. tapi kita bertiga nekat ikutan lomba itu, itung-itung nyari pengalaman. Dan konsep presentasi kita pakek gaya semacam majalah digital, e-magz. yang mana kita ngerancang konsepnya lama banget sampe waktu ngerjainnya abis.

awalnya bagi saya menang kalah gak masalah, pengalaman ngerjainnya udah luar biasah banget loh. saya itu awalnya gak kenal sama yang namanya ical, yang saya tau dia itu temen TK saya dulu. tapi gara-gara lomba ini kita jadi sering banget barengan. kita bahkan sempet ke rumahnya presidennya WOW MAGZ! ketemu langsung sama masnya! aaah seru. pokoknya pasca lomba saya, idang, sama ical jadi makin akrab. sering bareng soalnya. meskipun cuma beberapa hari aja bareng-barengnya.

dan pembuatan presentasi ini juga gak segampang rencana karena dikerjakan pas hari libur. dan pengerjaannya dalam waktu 4 hari. pas itu si idang lagi ke jogja, padahal dia yang jago design, jadi ya via yahoo massanger aja komunikasinya, dia design cover sama background aja soalnya gak tega banget kalo liburannya si idhang kacau gara-gara lomba. semtara di malang, ical hampir tiap hari ke rumah saya buat ngerjain majalahnya. ohya, bahkan pas kapan gitu ical ke rumah pas saya baru aja bangun tidur, kan maklum dong liburan abis subuhan tidur lagi, eh gak taunya ada tamu. pas malem sebelum deadline, saya sama ical juga begadang semalem nggak tidur ngarap di rumah masing-masing tapi ada komunikasi via YM, dan pas abis adzan subuh si ical udah muncul di depan rumah, nggak pernah loh  saya nerima tamu sepagi itu sebelumnya. tapi karena mendesak, kita harus transfer data dan misalkan dikirim via internet lamaaa, jadi ya ketemu langsung aja. hahahaha saya gak lagi ngelebay ini tapi ini fakta yang terjadi pas liburan, jadi ternyata bener kalo sukses itu perjuangan, banget.

dan alhamdulillah presentasi kita keterima dan artinya kita bisa melangkah ke tahap presntasi, cerdas cermat, sama design poster. pas itu kelompok yang tersisa ada 19 dan mereka hebat hebat suer! Kita bertiga di ajari banyak tentang presentasi sama Pak Agung yang rela bagi waktu di luar jam sekolah buat kita. dan pas malem sebelum hari H presentasi, si ical sama idang ke rumah saya dan malem itu kita baru ngerancang mau ngomong apa pas ntar presntasi padahal udah H-1. gilaaaa, itu semalem kita kacau balau, belum bikin kata-katanya, belum latihannya, belum ngafalinnya. kita bertiga ngalau bareng sampe jam 11 malem, tamu termalam saya. tapi kita kan positif kegiatannya buat persiapan lomba, gak yang aneh-aneh.

akhirnya sabtu dateng juga, kita bertiga sampe ke sekolah dengan mata hitam khas orang ngantuk, mata panda. pas pagi itu kita sadar kalo kita lupa belajar buat cerdas cermat sama design poster, OH MATILAH KITA! muka putus asa pun muncul.

kita berangkat di anter mobil sekolah sama pak hari budi. ohya lupa, selain saya, idang, sama ical. juga masih ada satu kelompok lagi dari telkom yang gak kalah hebatnya, ada reza, nugroho, sama aji. kita berenam semuanya beda kelas loh, kebetulan banget. kan emang jumlah kelas di angkatan kita 6, jadi tiap kelas ada perwakilannya deh hehehe. dan tau apa? SAYA PEREMPUAN SENDIRI #pelukguling

rasanya lomba seharian penuh dengan cowok-cowok adalah sesuatu banget. jujur ya, saya itu termasku orang yang gak biasah sendirian. kemana-mana mesti ada temennya, tapi kalo ini? saya mau ke toilet biasanya ada temennya jadi sendirian -_- di temeni sih kadang sama ical, gak tega kali ya lihat saya. kan kamar mandinya jauuuh banget. jadi dia ke toilet cowok terus saya ke toilet cewek, ntar baliknya bareng. selain itu, kalo nggak ada cewek sama sekali itu nggak ada acara transfer energi (eeaa). saya kan kalo udah galau, nervouse, bingung, biasanya mesti ada temen-temen cewe yang bisa meluk gitu sekedar transfer energi (hahaha apadeh) tapi kalo kemaren? yang ada cuma cowocowo aja ogah banget main pelukpelukan. tapi serius, hugging is the best medicine and refreshing! tapi kalo bukan muhrim ndak boleh loh. ohya terakhir nih, kalo cuma sama cowok itu mereka kalo makan cepet bangeeet! saya? dari jaman dulu makan itu lama, jadi tiap makan saya mesti galau sendiri, takut di tinggalin. tapi untung mereka berlima teman baik yang selalu setia menunggu saya (ciyeeee)

presntasinya antara lancar dan enggak, yang jelas saya gak lega banget deh. terus cerdas cermatnya meskipun kita guyooon bertga mulu, jawab soal sambil bercanda tapi katanya pas pengumuman nilainya tertinggi. kalo design poster nggak usah di tanya, dalam satu jam idhang berhasi bikin poster keren banget dari bahan seadanya dari panitia. kereeen tau idhaaang! saya sama ical cuma jadi komentator aja sambil main pompom kayak pemandu sorak sambil joget pocopoco di belakangnya idang..

sebenernya kemaren saya sempet drop gitu semacam mikir gak mungkin banget buat menang. tapi kan menang bukan tujuan utama, yang penting kenangan, pelajaran, kebersamaan. tapi alhamdulillah kelompok kami menang juara UMUM katagori 2 sama juara harapan 2 katagori 1. subhanallah banget #jogetgirangbertiga. sementara kelompok satunya juara 1 katagori 1, sama juara 2 katagori 2!
horeeee telkom telkom telkom telkom :D
 ini piala, uang tunai, sertifikat, sama name tag!
 foto saya loh cupu semua huaaaaaaa. gak ada yang bagus -_-

kita pulang dalam keadaaan bahagia banget, di mobil nggak ada berhentinya guyon ini itu. terus ktia mampir ke ayam roker sulfat buat sholat ashar sekalian makan-makan. Pak rahmat juga sempet ngomong sesuatu yang ngena bagi saya " ini semua adalah keberhasilan kelompok, kemenangan kalian bertiga. nggak usah ada yang merasa lebih ataku kurang, karena kalian team, kalian kelompok"

idang ghea ical | suka banget ekspresinya idhang sama ical, kalo saya kok mukanya ekspresi maksa banget gitu yah -_-

*

pas senin ini yang sesuatu banget, pas upacara kita berenam disuruh bikin barisan sendiri di samping guru. aaaaah malu banget! saya udah kabur awalnya ngumpet di barisan normal, tapi terus ketauan dan suruh ke depan. kita juga ke tengah lapangan tengah-tengah upacara buat penyerahan trophy. langsung banyak ucapan selamat deh, padahal saya pupuk bawang loh aslinya, cuma bisa ngasih saran, ndesain dikit, konten, sama nyemangatin hahaha (engakpentingblas)

tapi rasanya bisa bikin orang tua senyum bangga itu bahagia banget loh, semoga kedepannya bisa jauh jauh lebih baik lagi,

makasih ical idhang buat hari-hari luar biasahnya! aaaah ternyata kalian berdua asik banget orangnya, klop banget ngobrol sama kalian. makasih buat mama, buat pak aggung, pak aries, pak rahmat, pak hari budi, ipad, chun, icha, wungu, fitri, dan semua orang yang udah berperan.


yang dua di atas itu contoh interface presntasi kita yang bentuknya e-magz. itu bisa di bolak balik gitu kayak WOWMAGZ. yang bawah itu contoh isi majalah, saya printscreen profil saya aja deh hahaha dari pada di printscreen satu majalah coba? saya design profil ini jam 3 pagi loh sambil mata panda gitu hahaha.

ghea safferina 

19 comments

  1. ghea jago design yaa.. aku juga pengen tapi gak bisa2 -___- haha

    ReplyDelete
  2. wah... selamat yah yang juara umum...
    traktirannya mana?
    hehehe

    ReplyDelete
  3. selamat ya ka ghea :) ke depannya semoga bisa lebih baik lagi:)

    ReplyDelete
  4. selamat ya atas prestasi lombanya :)
    itu design magznya keren ^_^

    ReplyDelete
  5. talita : amin banget deh hahaha. sebenernya kaga ta, ini baru nyoba pas lomba itu. sebelumnya gak pernah ndesign. ih kamu pinter ngedoodle gitu :D

    mine and me : terimakasih :D mau teraktiran? :p

    ema : aaaah makasih ya, amin :D

    m nasihin : terimakasih, wah itu yang cover sama background buatan temen saya, idang hehehe

    ReplyDelete
  6. ih ghea jago gitu hehe. iya itu doodle juga iseng aja ghe masih jelek banget

    ReplyDelete
  7. bagus Ghe, lanjutkan :D
    btw, selamat ya :D

    ReplyDelete
  8. Fachrizal Rifandi Z (icol)January 23, 2012 at 7:52 AM

    MAKASIHH GHEE !!!
    Buat Semua Waktunya :D

    Moga moga kita bisa kerja sama lagi ya :D

    ReplyDelete
  9. Fachrizal Rifandi Z (icol)January 23, 2012 at 9:08 AM

    Makasiiihh Ghea ya Buat Semua Waktu Usaha dan Sponge BOB nya ....

    udah lama sejak SMP gua kaga buka YM lho ghe :P

    ReplyDelete
  10. nah ini lengkap, ada yang ngasih ide, bikin desain, dll dll kolaborasi jadi 1 tim :) mantap adik-adik.
    soal presentasi sebenarnya banyak contoh, kalo suka ngubek2 youtube coba pelajari gaya presentasi steve balmer nya microsoft atau bahkan steve jobs (alm) dari Apple (yg ini pelajari model slidenya dia juga). Dah sempat ngobrol2 juga ma Ichal yg curhat soal presentasinya yang belepotan. Yah setidaknya bisa nyumbang saran ini ajah.

    Sebelum pulang kemarin sempat ke gramedia depan mcd situ n nemu bukun 'Secret Presentation of Steve Jobs'-nya Carmine Gallo. boleh juga tuh. Kayanya udah versi terjemahan. Bisa cari buku2nya Carmine Gallo lain atau Guy Kawasaki kalo soal contoh praktis slide/presentasi

    ReplyDelete
  11. talita : taaa, gambarin doodle buat aku dooong :3

    annis wulansari: aaaaah makasih yah mbak anis <3 amiiin :)

    helena hotmonica : terimakasih ya :)

    ReplyDelete
  12. icol ical : HALOOO temen setim! eh gila ya pasca lomba kita yang awalnya gak kenal jadi sering ketemu (eciye). ayo kita spongebob-an di rumahku sama idhang. eh ada satu hal yang belum kita lakukan. tau apa? :p

    ReplyDelete
  13. mas nuri : waaaaah di komen mas nuri, (brb: terharu dulu) kok tau blog saya mas?. iya loh mas, sekelompok sama mereka itu seneng banget meskipun rasanya saya yang paling nggak bisa apa apa TT

    wah ternyata ichal curhat hahahaa, iya mas belepotan banget itu sumpah sampe abis presentasi biasanya lega ini malah gak tenang. tapi alhamdulillah yaaaa.

    oke mas, makasih bayak sarannya. nanti ngubek ngubek youtube deh, kayaknya banyak hal penting yang bisa di ambil :D

    ReplyDelete
  14. human is social being :) ur nothing if ur alone

    ReplyDelete
  15. selamat ya kak :D
    btw i have something for you. please check this out
    http://idayusnilawati.blogspot.com/2012/01/award-again-d.html hope you like it and happy blogging #DreamBig!

    ReplyDelete
  16. keren Juga :) salam kenal ya :) jangan lupa mampir :)

    ReplyDelete
  17. Selamat yaa!! Sumpah keren banget :D

    ReplyDelete
  18. nuy : hihihi mas nuri menyembuhkan kegalauan saya :D terimakasih mas hehehe

    ida yusnilawati : hehehehe makasih ya dek, oke ntar kalo nganggur ya :)

    wisnu murti : waaah terimakasih hehehe, iya salam kenal :)

    elfrida chania : terimakasih ya :D waaah di bilang keren hehehe, makasih :)

    ReplyDelete